Sejarah

Kerinduan para acarya yang tergabung dalam Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara (Pandu Nusa) akan kegiatan peningkatan kompetensi dan mutu pendidikan agama dan keagamaan Hindu sudah tidak bisa terbendung lagi. Dalam banyak diskusi online melalui WAG Pandu Nusa, para acarya menginginkan adanya lembaga pelatihan yang dikelola oleh PP Pandu Nusa. Dalam menyongsong era 4.0 yang digadang-gadang keterampilan teknologi pembelajaran sangat diperlukan. Ini pula yang mendorong para acarya untuk meningkatkan intensitasnya dalam mengikuti pelatihan-pelatihan online secara mandiri.
Akhirnya pada bulan Februari di tengah wabah pandemi Covid 19, PP Pandu Nusa mengeluarkan SK Pembentukan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara yang disingkat LPMP Pandu Nusa.
Begitu dibentuk dan disk-kan oleh Pengurus Pusat Pandu Nusa, LPMP Pandu langsung tancap gas dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan secara daring dengan memanfaatkan beberapa platform seperti: cisco webex meeting, zoom us meeting, google meet, dan lain-lain. Hingga kini pelatihan-pelatihan secara daring yang digagas oleh LPMP Pandu Nusa banyak diminati oleh para guru agama Hindu yang ingin berkarya dan terus maju.